Rabu, 16 November 2016

TV TCL gambar cacat horizontal dan sedikit berbayang

Awalnya tv merk TCL ini diterima Saliry.Com dengan gejala kerusakan tidak ada gambar dan suara saat dinyalakan, yang ada hanya bunyi melengking dari board mesin ty. Entah di bagian mana suara melengking itu tapi biasanya berasal dari bagian power supply atau bagia horizontal mesin tv.
Prediksi kemungkinan besar mengarah ke bagian horizontal. Setelah membersihkan mesin/ mainboard tv, langsung cabut transistor horizontal dan lakukang mengukura, hasilnya memang transistor dengan kode D2331 tersebut sudah K-O, sekedar info untuk persamaan transistor ini adalah D2499, D1555 > lebih lengkap untuk persamaan transistor, klik di sini

Benar saja, setelah menggantian transistor tersebut, TV bisa menyala kembali. Tapi pekerjaan ternyata belum berahir, muncul gejala kerusakan yang baru, yaitu gambar cacat horizontal.

Dari gejala yang terlihat, kerusakan seperti ini biasanya disebabkan komponen Elco yang sudah kering, tentunya di bagian vertikal dan horizontal. Pendapat ini pun sama dengan masukan bbrapa teknisi di dunia maya, trafo FBT bahkan termasuk dalam daftar komponen yang di prediksi rusak.
Pengukuran pun dilakukan untuk memastikan masih layak tidaknya komponen yang dicurigai rusak, hasilnya nihil, semua komponen pendukung masih normal, penggantian pemain pun sempat dilakukan.
Kasus ini sedikit membuat teknisi pusing  kepala, ahirnya diputuskan pending dulu sambil menyegarkan fikiran di taman baca di depan bengkel.
Setelah satu hari pending, teknisi kembali bertarung dan alhamdulillah membuahkan hasil.
Solusinya ternyata sangat sederhana, yang dibutuhkan adalah ketelitian. Setelah memeriksa kembali patrian komponen, didapati beberapa pin IC program yang patriannya retak halus. Solder ulang pin IC tersebut dan hampir semua pin komponen. Gambar tV pun  kembali normal.
" Gejala boleh sama, tapi Penanganannya mungkin akan berbeda "
keep calm dalam bekerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak Magang Bantu Perbaiki TV

Tonton keseruan kegiatan anak PKL yang magang di Bonde Elektronik https://youtu.be/MPly73lxwbQ