Minggu, 01 Oktober 2017

Menyalakan motor dengan suara berbasis android


Banyak informasi yang bisa kita dapat tentang inovasi teknologi, baik di media cetak, media elektronik terlebih media internet.
MEnyalakan motor dengan suara sebenarnya bukanlah hal baru, telah banyak artikel di internet yang membahas tentang alat ini. Salah satunya dari seorang pemuda di Bekasi yang menamai alat yang dibuatnya dengan JArvis, seperti teknologinya Tony Stark di film IronMan. 

Terinspirasi dari mas bro dari Bekasi tersebut dan permintaan dari salah seorang sahabat untuk dibuatkan alat serupa, mulailah sy cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara pembuatan alat tersebut dan juga mulai membuka kembali buku2 tentang bahasa pemrograman.

Bukan tanpa kendala selama proses pencarian dan pembuatan, terkhusus untuk listing program yang spesifik yang digunakan untuk menyalakan motor. Sepertinya Listing programnya masih belum disebarluaskan. Tidak satupun yang didapat "tanda kutip yg Spesifik untuk motor. Lain halnya jika hanya menyalakan dan mematikan perangkat elektronik, sangat mudah dan bayak kita jumpai dan mudah untuk dipelajari.
O iya, untuk bahan yang dibutuhkan terbilang cukup mudah didapatkan, seperti Boart Arduino, bluetooth HC-05, relay, dll.
Berangkat dari pengetahuan bahasa pemrograman yang cukup minim, dan niat membantu sahabat, bbrapa minggu belalu, akhirnya solusi pun terpintas tak terduga, yaiitu dengan memakai 2 buah arduino.
Arduino 1 digunakan untuk mengontrol kunci motor
Arduino 2 digunakan untuk mengontrol starter,  tentunya dengan isi program yang berbeda.

Barangkali teman2 pecinta elektronika khususnya yang melek bahasa pemrograman bisa berbagi ilmu, Hihihi
O Iya, untuk pengoperasiannya, ada aplikasi yang harus didownload dan diinstal di Hp android sebagai media penghubung antara pengguna motor dengan motornya ketika akan dinyalakan dan dimatika.
Satu hal lagi yang mungkin salah satu kekurangan dari alat ini adalah Hp android harus terhubung ke internet saat motor akan dinyalakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anak Magang Bantu Perbaiki TV

Tonton keseruan kegiatan anak PKL yang magang di Bonde Elektronik https://youtu.be/MPly73lxwbQ